Wacana Penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough dalam Tajuk Rencana Harian Pikiran Rakyat Edisi 13 Februari)

Yuning Astary, Nevita (2017) Wacana Penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough dalam Tajuk Rencana Harian Pikiran Rakyat Edisi 13 Februari).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana wacana penguatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam tajuk rencana Harian Pikiran Rakyat edisi 13 Februari 2017 jika dilihat dari teks, produksi dan konsumsi teks, serta keadaan sosial budaya yang menyertainya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis. Adapun model wacana yang dipilih adalah model wacana yang dikembangkan oleh Norman Fairclough. Data dikumpulkan dengan studi pustaka, studi lapangan dan penelusuran melalui internet. Informan ditentukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian mengenai wacana penguatan KPK dalam tajuk rencana Harian Pikiran Rakyat ini dijelaskan kedalam tiga struktur model Norman Fairclough. Yaitu teks, dimana Pikiran Rakyat mendukung penuh kerjasama KPK dan PPATK sebagaimana tercantum dalam lead tajuk rencana. Produksi teks tajuk rencana di Pikiran Rakyat dilakukan oleh jajaran pimpinan redaksi. Selain faktor aktualitas dan kelayakan, isu yang diangkat dalam tajuk rencana ini sangat berkenaan dengan kepentingan masyarakat. Konsumsi teks dilakukan berdasarkan Hak Angket yang dilakukan DPR terhadap UU No. 30 Tahun 2002 dengan tujuan revisi. Pikiran Rakyat sangat mendukung langkah KPK untuk terus berjuang memberantas tindak korupsi baik di pemerintahan, maupun di sektor privat. Meski banyak pihak yang melakukan upaya pelemahan terhadap lembaga antirasuah tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Media, Norman Fairclough, Penguatan KPK, Pikiran Rakyat, PPATK, Tajuk Rencana.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54299

Actions (login required)

View Item View Item