Pemberitaan Pilkada DKI Jakarta 2017 (Analisis Framing Zhondang Pan Dan Gerald M. Kosicki Mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 di Portal Online Tempo. co Edisi 19-23 April dan Sindonews.com Edisi 19 April 2017)

Ulina M, Veronika (2017) Pemberitaan Pilkada DKI Jakarta 2017 (Analisis Framing Zhondang Pan Dan Gerald M. Kosicki Mengenai Pilkada DKI Jakarta 2017 di Portal Online Tempo. co Edisi 19-23 April dan Sindonews.com Edisi 19 April 2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui pembingkaian berita dalam teks berita tentang Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam portal berita online Tempo.co dan metro.sindonews.com. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana unsur sintaksis, skrip, tematis dan retoris pada teks ini. Penelitian ini untuk mengetahui secara keseluruhan bagaiamana pemberitaan pilkada DKI Jakarta 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian analisis framing Zhongdang Pan dan Gerard M. Konsicki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan studi kepustakaan dan penulusuran data online Hasil penelitian, sintaksis bahwa Tempo memberitakan pilkada DKI Jakarta 2017 baik secara judul, teras berita dan latar informasi yang baik. Dalam sintaksis, Tempo mengatakan skema yang berbeda dengan Sindo. Tempo menganggap kemengan Anies karena dibantu isu penodaan agama sedangkan Sindo menganggap Anies menang karena strategi yang baik. Dalam skrip keduanya menonjolkan segi why. Segi tematis, kedua berita ini juga menunjukan alasan kemenagan dan kekalahan kedua belah pihak, sedangkan dam retoris keduanya memberikan proporsi gambar yang sama Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan teks berita yang diberitakan oleh Tempo.co dan metro.sindonews.com sebagai media massa tidak dapat terhindar dari konstruksi media. Tempo.co dan metro sindonews.com juga terlibat intervensi media yang akhirnya berpengaruh pada pemberitaan Pilkada DKI Jakarta 2017

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pilkada DKI 2017, Framing media, Tempo, Zhongdang Pan dan Gerard M. Konsicki, konstruktivisme
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54301

Actions (login required)

View Item View Item