Pembungkaman Identitas Perempuan (Studi Posklonial Dengan Analisis Dekonstruksi Cerpen "Penguburan Kembali Sitaresmi Karya Triyanto Triwikromo Pada Surat Kabar Kompas Edisi 1 Februari 2015)

Lestari, Ima (2017) Pembungkaman Identitas Perempuan (Studi Posklonial Dengan Analisis Dekonstruksi Cerpen "Penguburan Kembali Sitaresmi Karya Triyanto Triwikromo Pada Surat Kabar Kompas Edisi 1 Februari 2015).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembungkaman Identitas Perempuan. Untuk menjawab masalah di atas, maka peneliti mengangkat sub fokus: Ideologi teks pada cerpen, Pengarang merepresentasikan perempuan sebagai objek dalam cerpen, Pengarang merepresentasikan perempuan sebagai subjek dalam cerpen Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi poskolonial dan analisis dekonstruksi . Objek yang dianalisis adalah cerpen Penguburan Kembali Sitaresmi Karya Triyanto Triwikromo pada surat kabar kompas edisi 1 Februari 2015. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka,film dan intertekstualitas. Untuk uji keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan diskusi dengan teman sejawat. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menemukan sesuai dengan tahapan analisis cerpen dekonstruksi dan didukung dengan pembahasan poskolonial bahwa teks cerpen telah mendekonstruksi pemaknaan pada kebenaran Orde Baru . Cerpen juga mememukan praktik-praktik kolonialisme dalam cerpen yang memiliki keterkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembungkaman Identitas Perempuan ini karena perempuan sebagai korban dari ketertindasan dari praktik-praktik kolonial Rezim Orde Baru. Cerpen ini memiliki unsur fakta sejarah yang terjadi pada Gerwani dalam peristiwa tahun 1965 yaitu masa peralihan kekuasaan, selain itu penarasian dalam cerpen pun membangun unsur komunisme yang kental. Cerpen ini mempunyai tujuan untuk membentuk kesadaran pembaca atas praktik kolonial yang berhasil menjadi nilai budaya dalam masyarakat. Adapun

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi, Sastra poskolonial, Perempuan, Gerwani
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54303

Actions (login required)

View Item View Item