Presentasi Diri Perilaku Anggota Studiklub Teater Bandung (Studi Dramaturgi Perilaku Anggota Dalam Studiklub Teater Bandung di Wilayah Bandung)

Ratmawan, Budie (2017) Presentasi Diri Perilaku Anggota Studiklub Teater Bandung (Studi Dramaturgi Perilaku Anggota Dalam Studiklub Teater Bandung di Wilayah Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku anggota Studiklub Teater Bandung melalui proses pembentukan perilaku dalam panggung depan (front stage) maupun panggung belakang (back Stage). Peneliti mengangkat sub fokus dengan tahap penelitian, Perencanaan, Observasi, Wawancara, dan Evaluasi atau analisis untuk menjawan sub fokus penelitian yaitu Presentasi Diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Informan penelitian berjumlah 5 (Lima) yaitu 1 (satu) orang informan kunci dan 4(Empat) orang informan pendukung berdasarkan pada teknik purposive.Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan,,ketika informan kunci berada dalam panggung pementasan sebagai panggung depan, peneliti menemukan telah terjadi perubahan perilaku yang dialami oleh Apri sebagai informan kunci, saat acara pementasan sedang berlangsung. Pada saat melakukan sesi latihan, sang sutradara telah melakukan tahap casting kepada para aktor untuk penyesuaian karakter tokoh dalam sebuah naskah. Peneliti mengungkapkan bahwa isi naskah tersebut diceritakan bahwa Apri berperan sebagai seorang penaguh hutang yang memiliki watak yang keras kepala dan berperilaku kasar tanpa pandang umur. Perilaku manja terhadap kepada kedua orang tuanya disebabkan karena Apri adalah seorang anak tunggal. Apri memiliki kepribadian yang sangat terbuka dan cenderung lebih hyperaktif baik dalam lingkungan sekitar maupun dalam kegiatan keorganisasian. Makna yang terkandung dalam hasil observasi penelitian ini adalah agar peneliti menemukan kebenaran yang bersifat objektif terhadap informan kunci mengenai panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) dalam ruang lingkup Studiklub Teater Bandung. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa menjadi seorang anggota teater memiliki fungsi sebagai terapi baik dalam pembentukan karakter, perilaku dan jati diri melalui panggung Studiklub Teater Bandung, sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan dalam mengekspresikan diri sendiri Saran dari peneliti adalah Studiklub Teater Bandung sebaiknya tidak hanya berfokuskan pada tujuan menghibur masyarakat atau sebagai sarana menghibur masyarakat, tetapi juga dapat mengelola kesan dan juga pesan komunikatif kepada penonton dengan menggunakan pendekatan teatrikal yang juga diimbangi dengan pendekatan komunikasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Presentasi diri, Perilaku, Teater, Aktor
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54307

Actions (login required)

View Item View Item