Pemberitaan Kasus Korupsi E-KTP iDi Majalah Tempo Dan Gatra (Analisis Framing Robert M. Entman Mengenai Kasus Korupsi E-KTP di Majalah Tempo Edisi 13-19 Maret 2017 dan Gatra Edisi 16-22 Maret 2017)

Bean Nugraha, Wildan (2017) Pemberitaan Kasus Korupsi E-KTP iDi Majalah Tempo Dan Gatra (Analisis Framing Robert M. Entman Mengenai Kasus Korupsi E-KTP di Majalah Tempo Edisi 13-19 Maret 2017 dan Gatra Edisi 16-22 Maret 2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui kasus korupsi e-KTP di Majalah Tempo dan Majalah Gatra. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dimunculkan pertanyaan tentang bagaimana pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat keputusan moral, dan menyelesaikan masalah pada berita ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian analisis framing Robert M.Entman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan dokumentasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil penelitian ini menunjukan dalam mengidentifikasi masalah, Tempo melihat sebagai masalah politik dan sosial, sedangkan Gatra sebagai masalah politik dan hukum. Dalam memperkirakan penyebab masalah Tempo menilai aktor-aktor politik, sedangkan Gatra menilai dari aktor dan partai politiknya. Dalam memberikan keputusan moral, Tempo menggambarkan aktor dan partai politik yang terlibat korupsi tidak mau mengakui namanya meskipun telah ada di surat dakwaan. Sedangkan Gatra masih menggambarkan semua partai politik yang disebutkan tidak mau mengakui menerima uang dari proyek e-KTP. Tempo menekankan penyelesaian pada pengembalian uang dan mengakui kesalahannya, sedangkan Gatra menuliskan dari sisi penegakkan hukum untuk secara tegas mengusut kasus proyek e-KTP. Peneliti menyimpulkan dalam membingkai berita, Tempo hanya menceritakan beberapa fakta-fakta tentang persidangan dan mengisahkannya, sedangkan Gatra memiliki banyak informan dari beritanya. Ada beberapa konsep elemen jurnalisme dan kode etik jurnalistik yang diterapkan di dalam pemberitaan Tempo dan Gatra. Peneliti menyarankan agar kedua media lebih mampu menerapkan konsep elemen jurnalisme dan kode etik jurnalistik ke dalam pemberitaan sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang utuh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Korupsi, E-KTP, Analisis Framing Robert M.Entman, Konstruktivisme, MBM Tempo, MBM Gatra
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54308

Actions (login required)

View Item View Item