Strategi komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Kristanto, Kevin (2017) Strategi komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bermaksud untuk mengetahui Strategi Komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung Melalui Corporate Social Responsibility Daur Ulang Kompos dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Kalangan Warga RW 09 Kelurahan Sukapura Kecamatan Kiaracondong Kota Bandung dengan subfokus penelitian perencanaan dan manajemen. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif. Melalui teknik purposive sampling, diperoleh 3 (tiga) orang informan kunci dan 2 (dua) informan pendukung. Data penelitian diperoleh lewat observasi non partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan merupakan teknik analisis data. Hasil Penelitian menunjukkan perencanaan dilihat dari penentuan sasaran program CSR berdomisili di sekitar perusahaan dan pengangguran. Citra yang diharapkan adalah peduli terhadap lingkungan dan warga. Proses perencanaan berawal dari ide manajemen, pengumpulan data, identifikasi masalah dan penyediaan sarana kegiatan CSR. Kemampuan meningkatkan penghasilan warga, dorongan untuk peduli lingkungan, serta potensi sampah daun di lingkungan perusahaan menjadi faktor utama dibentuknya CSR. Manajemen dilakukan sebagai pengawas melalui kunjungan berkala dan laporan. Pembinaan diwujudkan dalam sosialisasi dan pelatihan. Evaluasi diberikan berupa teguran dan pengembangan program CSR. Simpulannya, strategi komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT Pindad (Persero) dilakukan dengan mengomunikasikan program Corporate Social Responsibility PT Pindad (Persero) melalui tahapan yang terencana namun kurang terkontrol menggunakan kombinasi strategi Corporate Philanthropy dan Socially Responsible Business Practices untuk meningkatkan citra perusahaan. Peneliti menyarankan adanya laporan CSR secara berkala yang digunakan oleh PT Pindad (Persero) serta melakukan evaluasi untuk mengetahui tercapainya tujuan CSR, yaitu meningkatkan citra PT. Pindad (Persero).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pindad, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Citra
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54314

Actions (login required)

View Item View Item