Strategi Komunikasi Divisi Operasional Siaran Radio K-Lite Dalam Menarik Minat Pendengar Melalui Radio Streaming

Nova Herlyana, Andin (2017) Strategi Komunikasi Divisi Operasional Siaran Radio K-Lite Dalam Menarik Minat Pendengar Melalui Radio Streaming.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Strategi Komunikasi Divisi Operasional Siaran dalam Menarik Minat Pendengar Melalui Radio Streaming. Untuk menjawab strategi komunikasi tersebut, peneliti menggunakan subfokus perumusan kebijakan, perencanaan program pelaksanaan, kegiatan komunikasi, umpan balik. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang, 2 informan kunci dan 2 informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, internet searching, dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam hal Perumusan Kebijakan yang ditetapkan oleh direktur dan divisi operasional siaran pada saat rapat akan mengadakan pembenahan program acara yang akan dikemas semenarik mungkin seperti menghadirkan headline news, berita sisipan seperti kesehatan sampai film yang sedang in cinemas, kemudian melakukan penggantian penyiar. Pada tahap Perencanaan Program Pelaksanaan, radio K-Lite membutuhkan dana dan juga fasilitas yang merupakan anggaran perusahaan kemudian membutuhkan SDM yang mengerti persoalan IT dan Radio Streaming. Kegiatan Komunikasi yang dilakukan radio K-Lite menggunakan media sosial facebook dan twitter, banner atau flyer di setiap event kemudian pengumuman yang dilakukan oleh penyiar setiap closing acara. Umpan balik yang disampaikan pendengar menginginkan adanya Radio yang berbasis visual, live streaming dan juga pembaharuan konsep atau tema dari website serta app mobile. Simpulan penelitian, strategi komunikasi yang dilakukan berjalan seperti apa yang direncanakan, tetapi hasil penelitian yang didapat belum bisa mewujudkan peningkatan pendengar radio streaming yang maksimal dikarenakan beberapa pembaharuan program acara belum berjalan dengan sempurna. Saran yang diberikan pada penelitian ini, Radio K-Lite bisa fokus pada pembaharuan program, visual radio, konsep tema website dan mempromosikan radio streaming menggunakan media sosial yang aktif dikalangan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Radio K-Lite, Radio Streaming, Deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54316

Actions (login required)

View Item View Item