Komunikasi Dakwah Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) Kota Bandung Dalam Menyampaikan Islam Ideologis Kepada Mahasiswa Di Kota Bandung

Candra Suhendar, Acep (2017) Komunikasi Dakwah Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) Kota Bandung Dalam Menyampaikan Islam Ideologis Kepada Mahasiswa Di Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalis secara mendalam tentang komunikasi dakwah BKLDK Kota Bandung dalam menyampaikan Islam Ideologis kepada mahasiswa di Kota Bandung, untuk menjawab penelitian tersebut di angkat tiga sub fokus yaitu pembinaan sebagai konkteks komunikasi dakwah, pesan komunikasi dan media komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan informan kunci sejumlah dua orang dan pendukung tiga orang dengan teknik puposive. Data diperoleh melalui observasi partisipatin, wawancara mendalam, studi pustaka, dokumentasi dan ausido visual. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan komunikasi dakwah BKLDK Kota Bandung dilihat dari pembinaan, lembaga dakwah ini melakukan pembinaan khusus yang tediri dari pembinaan tsqafah dan nafsiyah Islamiyah dan pembinaan umum terdiri dari pembinaan skill dan alJidal allati hiya ahsan (perdebatan, diskusi dengan cara yang terbaik/elegan). Pesan komunikasi dakwahnya berisi empat hukum Islam (Al-qu��an, hadist, ijma sahabat dan qiyas) yang sesuai dengan mafahim (konsep)nya yang disampaikan dengan persuasif, struktur pesan antiklimaks (anticlimax) dan klimaks (climax) dan recency. Pesan disamapaikan dengan one-sided dan two-sided. Imbauan pesan menggunakan rasional dan emosional. Media komunikasi dakwah menggunakan media sesuai dengan tatananya yakni media komunikasi dakwah iterpersonal, kelompok, publik dan massa. Komunikasi dakwah BKLDK Kota Bandung dalam menyampaikan Islam Ideologis kepada mahasiswa, cenderung pada poisi rute sentral (central route) dengan tipe argumen kuat (strong arguments) dan weak arguments. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi dakwah BKLDK Kota Bandung, dalam pembinaannya bertujuan untuk membangun para jamaahnya menjalankan ajaranajaran Islam Ideologis dengan imbauan pesan diawali imbauan rasional dengan disampaikan baik secara lisan atau tatap muka maupun melalui media baik pada tatanan interpersonal, kelompok, publik dan massa. Saran Peneliti untuk BKLDK Kota Bandung untuk meningkatkan komunikasi dakwah secara interpersonal dan lebih mengemas lagi komunikasi dakwahnya dengan caracara yang kreatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Dakwah, Pembinaan sebagai konteks komunikasi dakwah, pesan komunikasi dan media komunikasi dakwah BKLDK Kota Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54321

Actions (login required)

View Item View Item