Strategi Komunikasi Komunitas Cirebon Runners (Studi Deskriptif Tentang Strategi Komunikasi Komunitas Cirebon Runners Pada kegiatan "Ciremai Trail Run 2016 Dalam Meningkatkan Minat Untuk Mengikuti Ciremai Trail Run 2017)

Sifa Nabila, Ifani (2017) Strategi Komunikasi Komunitas Cirebon Runners (Studi Deskriptif Tentang Strategi Komunikasi Komunitas Cirebon Runners Pada kegiatan "Ciremai Trail Run 2016 Dalam Meningkatkan Minat Untuk Mengikuti Ciremai Trail Run 2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Komunitas Cirebon Runners Pada Kegiatan ��Ciremai Trail Run 2016�� Dalam Meningkatkan Minat Untuk Mengikuti Ciremai Trail Run 2017. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan Identifikasi Target, Tujuan, Pesan, Komitmen, Pemilihan Media, Rencana Komunikasi, dan Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 (orang). Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identifikasi target kegiatan Ciremai Trail Run 2016 adalah anggota komunitas lari yang ada di Indonesia. Tujuan melaksanakan kegiatan ini adalah untuk mempererat tali pertemanan sehat dibidang lari antara sesama komunitas-komunitas dan sebagai ajang promosi kota Cirebon. Pesan yang disampaikan bersifat informatif dan persuasif. Komitmen dalam perubahan yang diinginkan tertuju kepada wawasan / pengetahuan dan sikap. Cirebon Runners mendapatkan dukungan dari pemerintah dan swasta. Pemilihan Media yang dipilih oleh Cirebon Runners adalah Audio, Visual, dan Audio Visual karena dapat mencapai target khalayak yang telah ditetapkan. Rencana Komunikasi yang digunakan adalah iklan di Radio lokal Kota Cirebon, Website, Instagram, Facebook, TV, Email, Whatsapp, Line, SMS (Short Message Service). Evaluasi setelah kegiatan dilaksanakan menghasilkan evaluasi negatif maupun positif untuk meningkatkan minat pelaksanaan Ciremai Trail Run 2017. Strategi Komunikasi Cirebon Runners telah berhasil meningkatkan minat mengikuti Ciremai Trail Run 2017. Saran sebaiknya Cirebon Runners menggunakan media luar ruangan (outdoor) sebagai iklan dan penyebarluasan informasi menjelang kegiatan Ciremai Trail Run.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Cirebon Runners, Ciremai Trail Run, Meningkatnya Minat.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54322

Actions (login required)

View Item View Item