Strategi Komunikasi Humas Museum Geologi Kota Bandung Melalui Motion Graphics Dalam Menginformasikan Ilmu Kegeologian Kepada Pengunjung

Della, Astrid (2017) Strategi Komunikasi Humas Museum Geologi Kota Bandung Melalui Motion Graphics Dalam Menginformasikan Ilmu Kegeologian Kepada Pengunjung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas Museum Geologi Kota Bandung melalui ��Motion Graphics�� Dalam menginformasikan ilmu kegeologian kepada pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh data yang dibutuhkan antara lain dengan melakukan observasi, wawancara, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Humas Museum Geologi, Staf Museum Geologi, dan Pengunjung Museum Geologi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penyeleksian data, reduksi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Museum Geologi melakukan perencanaan dan pembuatan pesan dengan sistematis dan terarah sehingga menghasilkan suatu strategi komunikasi yang baik. Humas Museum Geologi bekerja sama dengan para ahli untuk membuat ��Motion Graphics��dan menentukan isi pesan dengan struktuk kalimat yang dapat dimengerti oleh pengunjung dengan berbagai usia dan latar belakang. Strategi yang dilakukan oleh Humas Museum Geologi berhasil memenuhi kebutuhan pengunjung Museum Geologi dalam hal informasi ilmu kegeologian. Hasil yang didapat oleh Museum Geologi adalah feedback positif yang membuat nilai Museum meningkat dimata masyarakat. Berdasarkan hasil pengolahan data dan penyajian data maka dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi Humas Museum Geologi Kota Bandung dalam menginformasikan ilmu kegeologian kepada pengunjung melalui motion graphics dapat berjalan dengan baik selama tujuh tahun sejak dibuat dan sampai saat ini telah menjadi identitas dari Museum Geologi kota Bandung yang tidak dimiliki oleh museum lain di kota Bandung Saran untuk Humas Museum Geologi Kota Bandung adalah menambah jumlah media motion graphics dan melibatkan pengunjung sebelum penayangan isi pesan agar dapat dinilai terlebih dahulu apakah isi pesan dapat dipahami oleh pengunjung atau tidak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Museum Geologi, Motion Graphics, Komunikasi Visual.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54324

Actions (login required)

View Item View Item