Pembangunan Virtual Bengkel Praktikum Perbaikan Dan Perawatan Mesin Kapal Pada Jurusan TKN Kelas XI (Studi Kasus Di SMKN 2 Subang)

Gumelar, Agung (2017) Pembangunan Virtual Bengkel Praktikum Perbaikan Dan Perawatan Mesin Kapal Pada Jurusan TKN Kelas XI (Studi Kasus Di SMKN 2 Subang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Negeri 2 Subang merupakan sekolah menengah kejuruan negeri yang memiliki salah satu Program studi Teknika Kapal Niaga dan memiliki salah satu mata pelajaran utama yaitu mata pelajaran perbaikan dan perawatan mesin kapal. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa metode pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah dan terbatasnya alat praktikum sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi perawatan dan perbaikan mesin kapal. Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk membangun suatu media pendamping berupa virtual bengkel untuk mengatasi keterbatasan alat yang ada di sekolah dan membantu siswa agar mudah dalam memahami setiap materi tentang cara merawat dan memperbaiki mesin kapal. Dengan memanfaatkan teknologi berbantuan komputer atau sering dikenal dengan istilah CAI (Computer Assisted Instruction), peneliti membangun sebuah aplikasi virtual bengkel praktikum perbaikan dan perawatan mesin kapal, sehingga siswa kelas XI TKN SMKN 2 Subang kini bisa melakukan praktikum secara virtual. Hasil penelitian yang dilakukan berupa aplikasi virtual bengkel praktikum perbaikan dan perawatan mesin kapal di SMKN 2 Subang. Berdasarkan hasil pengujian acceptance, tanggapan siswa terhadap aplikasi sangat positif dan juga dilakukan pengujian dengan cara pretest dan posttest nilai siswa mengalami peningkatan dari nilai ratarata 62,39 menjadi 80,00. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajran yang dibangun dapat membantu siswa kelas XI TKN SMKN 2 Subang dalam memahami materi pelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Virtual Bengkel, Perbaikan dan Perawatan Mesin Kapal, Teknika Kapal Niaga, Computer Assisted Instruction, Multimedia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54335

Actions (login required)

View Item View Item