Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Analisis Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Bandung

Irfan Mardani, Mochamad (2017) Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Analisis Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Balai Kesehatan Masyarakat (BKOM) Bandung merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang menyelenggarakan upaya kesehatan olahraga strata dua untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat dibidang kesehatan olahraga secara menyeluruh dan terpadu. BKOM Bandung saat ini telah memiliki survei kepuasan pelanggan, namun survei yang telah berjalan tidak memiliki indikator penilaian karena hanya menghasilkan informasi jumlah pelanggan yang merasa puas dan tidak puas terhadap pelayanan di BKOM Bandung. Sehingga tidak dapat mengetahui indikator layanan apa yang belum memuaskan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk menerapkan sistem informasi Customer Relationship Management, yang didalamnya dapat membantu tim pengaduan masyarakat dalam menilai indikator kualitas pelayanan dan merekomendasikan usulan perbaikan pelayanan pada BKOM Bandung. Penilaian kualitas pelayanan dihitung menggunakan metode Fuzzy Service Quality (Servqual). Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat mengatasi masalah yang terjadi. BKOM Bandung dapat mengetahui penilaian pelanggan terhadap setiap indikator kualitas pelayanan dan memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan pada BKOM Bandung dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality (Servqual).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Service Quality, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54349

Actions (login required)

View Item View Item