Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor (Studi Kasus: SML 4 LPPM RI-Padalarang)

Raflian Ukasah, Rizqi (2017) Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor (Studi Kasus: SML 4 LPPM RI-Padalarang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknik Sepeda Motor (TSM) adalah salah satu kompetensi keahlian di SMK 4 LPPM �� RI Padalarang. Pembelajaran yang di gunakan pada saat ini adalah pembelajaran teori dan praktikum. Buku yang digunakan untuk pemaparan materi pekerjaan dasar otomotif (PDO) saat di kelas kurang dapat memberikan penjelasan cara kerja penggunaan alat secara keseluruhan sehingga siswa kurang memahami cara kerja alat-alat pekerjaan dasar teknik sepeda motor. Penelitian yang dilakukan oleh (Heri Prasetyo dan Nurhayati,2015) mengenai media pembelajaran menggunakan metode CAI menggunakan 2 model yaitu tutorial, dan simulasi didapatkan hasil 83,20% bahwa media pembelajaran dengan metode CAI layak digunakan. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan dan melihat penelitian sebelumnya dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbasis client server dengan menggunakan metode Computer Assisted Instruction (CAI) yang didalamnya terdapat model tutorial, simulasi, dan evaluasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan berupa pembangunan media pembelajaran interaktif untuk kelas X jurusan teknik sepeda motor menggunakan metode CAI yang didalamnya terdapat model tutorial, simulasi, dan evaluasi yang berbasis client server, melalui hasil pengujian blackbox didapatkan bahwa seluruh fungsional sudah sesuai dengan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak, dan tanggapan dari pengguna aplikasi, diukur dengan menggunakan skala likert menunjukan sikap positif bahwa pembangunan media alternatif dengan menggunakan metode tutorial dapat membantu murid lebih mudah dalam memahami materi PDO, dan penerapan model pembelajaran simulasi dapat menyampaikan cara kerja alat yang kurang dapat dilakukan pada saat pembelajaran praktikum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Simulasi, Teknik Sepeda Motor, Pekerjaan dasar otomotif, SMK 4 LPPM-RI Padalarang.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54353

Actions (login required)

View Item View Item