Pembangunan Web Service Menggunakan Rest Api Dengan Access Token Untuk Aplikasi Pendaftaran Kartu pencari Kerja Studi Kasus DISDUKCAPIL Dan Disnakertans Kabupaten Cianjur

Iqbal Perkasa, Muhammad (2017) Pembangunan Web Service Menggunakan Rest Api Dengan Access Token Untuk Aplikasi Pendaftaran Kartu pencari Kerja Studi Kasus DISDUKCAPIL Dan Disnakertans Kabupaten Cianjur.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Data merupakan salah satu bagian yang sangat penting di era informasi dan teknologi informasi yang terus berkembang saat ini. Salah satu data yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Cianjur dan belum dimanfaatkan secara maksimal adalah data penduduk. Namun banyaknya data yang tercatat di server hingga saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal dan belum adanya halaman statistik untuk memonitor penggunaan data kependudukan tersebut. Pemanfaatan data penduduk yang berjumlah besar ini adalah dibuatnya sistem aplikasi web service dengan REST API yang di mana data ini akan bersifat terbuka dan mampu diakses oleh pihak-pihak yang memiliki akses. Salah satu lembaga yang menggunakan adalah Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur yang di mana sistem ini memudahkan pekerja untuk melakukan pendaftaran kartu pencari kerja secara lebih cepat dan efisien menggunakan data penduduk yang telah tersedia. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan pengujian beta yang dilakukan pada penelitian ini, didapat hasil dan kesimpulan bahwa web service ini dapat mempercepat dan membantu dalam pendaftaran kartu pencari baru dan administrator dapat dimudahkan dalam memonitor penggunaan data, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat terpenuhi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: web service, api, rest api, data masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54357

Actions (login required)

View Item View Item