Pendeteksian Kesalahan pengetikan Menggunakan Metode Double Metaphone Pada Teks Berbahasa Indonesia

Yoga Pratama S, Norfa (2017) Pendeteksian Kesalahan pengetikan Menggunakan Metode Double Metaphone Pada Teks Berbahasa Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kesalahan pengetikan dapat mengakibatkan kesalahan pengertian makna dikarenakan dapat mengubah kata baku menjadi kata tidak baku. Penelitian yang membahas tentang pendeteksian perbaikan kesalahan pengetikan sendiri telah banyak dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan pendeteksian kesalahan pengetikan teks pada dokumen bahasa Indonesia berbasis kemiripan ucapan kata (phonetic string matching) menggunakan metode double metaphone. Sistem pendeteksian kesalahan pengetikan dapat diterapkan dengan user menginputkan dokumen pada sistem, kemudian sistem akan memberikan rekomendasi dan kata terpilih dari kata yang dianggap salah. Tahapan nya sendiri dibagi menjadi empat tahap, yaitu preprocessing, pendeteksian kesalahan kata, pengubahan kata ke dalam kode double metaphone, proses pemberian rekomendasi dan pemilihan kata. Preprocessing adalah tahapan proses untuk mendapatkan hasil akhir yaitu list setiap kata. Kata akan digunakan pada proses pendeteksian kesalahan kata untuk menentukan kata apa saja yang dianggap salah. Selanjutnya akan dilakukan proses pengubahan kata ke dalam kode sesuai aturan metode double metaphone. Kode tersebut untuk menentukan hasil akhir yaitu rekomendasi dan perbaikan kata dengan mencari nilai edit distance terkecil menggunakan teknik approximate string matching dengan metode levenshtein dari rekomendasi yang dihasilkan dari kata yang dianggap salah. Dari tiga jenis pengujian yang dilakukan, yang pertama adalah pengujian akurasi dari pendeteksian kesalahan kata. Kedua adalah akurasi rekomendasi kata. Dan ketiga adalah akurasi perbaikan kata. Dengan masing-masing 30 data uji coba. Didapatkan hasil akurasi pendeteksian kesalahan kata sebesar 9.6620%, akurasi rekomendasi kata sebesar 14.3156% dan akurasi perbaikan kata sebesar 9.7195%. Akurasi yang didapatkan kecil disebabkan oleh sistem yang tidak dapat mendeteksi nama dan tempat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Typo checking, Spelling checker, Phonetic string matching, Approximate string matching, Double metaphone, Levenshtein.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54366

Actions (login required)

View Item View Item