Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Tunarungu Dengan Metode PQRST (Studi Kasus Di SLB Bina Asih)

Kohar, Abdul (2017) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Tunarungu Dengan Metode PQRST (Studi Kasus Di SLB Bina Asih).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SLB Bina Asih adalah sebuah yayasan pendidikan yang bergerak dalam bidang pelayanan pendidikan anak tunarungu dan anak berkebutuhan khusus. Anak tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya sehingga mengakibatkan ketidakmampuan mendengar yang diklasifikasikan kedalam tuli (deaf) dan kurang dengar (hard of hearing). Berdasarkan hasil kuesioner dengan 20 orang siswa mengenai pembelajaran bahasa Inggris, 18 siswa sering mengalami kesulitan saat pembelajaran bahasa inggris dan 13 orang tidak paham dengan materi pembelajaran, karena sering menemukan kosakata yang tidak dimengerti seperti kata sapaan (greetings) dan kata kerja (verb). Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, salah satu cara dalam membantu siswa dengan membangun media pembelajaran sebagai alat pendukung pembelajaran. Media pembelajaran tersebut juga membantu guru dalam menyampaikan pelajaran. Media pembelajaran menggunakan metode PQRST (preview, question, read, summarized, test) kedalam media interaktif. Preview dengan video bahasa isyarat ASL, question dengan game susun kata, read diterapkan pada materi, summarized menggunakan mindmap, dan test dengan menggunakan evaluasi berupa pilihan ganda. Hasil penelitian berupa Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris di SLB Bina Asih Cianjur. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas X menyatakan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, Kemudian dari hasil pretest dan posttest terhadap kelas experiment meningkatkan persentase nilai rata-rata pembelajaran Bahasa Inggris sebesar 19.7%, yang menyatakan aplikasi membantu meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, Bahasa Inggris, Tunarungu, Metode PQRST, Computer Assisted Instruction
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54400

Actions (login required)

View Item View Item