Perancangan Dan Implementasi Teknologi Cloud Computing Dengan Layanan Software As A Service (SaaS) Platform As A Service (PaaS) Infrastructure As A Service (LaaS) Pada Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Sebagai Pelayanan Kesehatan

Gunawan Kusdiana, Gani (2017) Perancangan Dan Implementasi Teknologi Cloud Computing Dengan Layanan Software As A Service (SaaS) Platform As A Service (PaaS) Infrastructure As A Service (LaaS) Pada Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Sebagai Pelayanan Kesehatan.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit merupakan suatu badan penyedia jasa pelayanan kesehatan berupa pelayanan rawat jalan, rawat inap, UGD dan penunjang kesehatan lainya. Sebagai contoh Rumah Sakit yang berada di bawah naungan Yayasan Abdi Karya seperti RS Yadika Pondok Bambu, RS Yadika Kebayoran lama, dan RS Natar Medika Lampung. Pihak Yayasan yang menaungi tiga Rumah Sakit menyatakan tidak ada suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan data Rekam Medis dan serta perlu di kembangkan, pada pelaporan data kegiatan di Rumah Sakit (RL1) sampai dengan (RL5) yang terkadang hasilnya yang tidak sesuai. Pelaporan data kegiatan tersebut untuk diserahkan baik dari Rumah Sakit ke Yayasan Abdi Karya, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota dan Kementerian kesehatan. Berdasarkan permasalahan yang ada saat ini di Yayasan Abdi Karya, maka dibutuhkan Cloud Computing pada sistem informasi Rumah Sakit. Pembangunan sistem informasi Rumah Sakit dimulai dengan melakukan analisis prosedur yang berjalan di Rumah Sakit kemudian melakukan analisis arsitektur sistem Cloud Computing dengan menggunakan tiga model layanan Software as a Service (Saas), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). kemudian analisis alur perancangan teknologi Cloud Computing dan melakukan perancangan database sampai antarmuka. Setelah dianalisis dan didesain maka selanjutanya dilakukan tahap implementasi alur perancangan Cloud Computing sebagai sumber daya dari hardware, jaringan dan media penyimpanan data pada Virtual Private Server (VPS). Tujuan mengintegrasikan data Rekam Medis serta laporan data kegiatan Rumah Sakit untuk peningkatan pelayanan dan mutu. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Cloud Computing Sistem Informasi Rumah Sakit yang dibangun mampu menciptakan keseragaman dan memudahkan dalam mengolah serta menyimpan informasi data Rumah Sakit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cloud Computing, Software as a Service (Saas), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS), Virtual Private Server (VPS).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54415

Actions (login required)

View Item View Item