Pembangunan Sistem Rantai Pasok Produk Pupuk Di PT. Saribumi Dewata Lestari Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management

Arina Putri, Chendy (2017) Pembangunan Sistem Rantai Pasok Produk Pupuk Di PT. Saribumi Dewata Lestari Menggunakan Pendekatan Supply Chain Management.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Saribumi Dewata Lestari merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan pupuk. PT Saribumi Dewata Lestari memproduksi signature product pupuk berupa Pupuk Majemuk Lengkap Tablet (PMLT) dengan merk dagang SuburIn. Proses produksi yang dilakukan PT Saribumi Dewata Lestari menggunakan strategi make-to-order (MTO) yaitu produksi baru berjalan ketika ada permintaan pesanan pupuk dari pelanggan, artinya pengadaan bahan baku dilakukan jika ada pemesanan pupuk. Pembelian bahan baku untuk proses produksi sering kali mengalami kekurangan disebabkan oleh kesalahan pengestimasian bahan baku yang dibeli perusahaan. Hal tersebut dapat mengakibatkan proses produksi menjadi terhambat dan proses distribusi pupuk mengalami keterlambatan yang dapat merugikan semua pihak, baik perusahaan maupun pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi di PT Saribumi Dewata Lestari, maka dibutuhkan suatu sistem rantai pasok yang dapat melakukan peramalan dan perencanaan persediaan bahan baku serta menentukan waktu distribusi dengan menggunakan pendekatan Supply Chain Management. Metode peramalan yang digunakan dalam penelitian ini adalah single moving average, sedangkan perhitungan dalam melakukan perencanaan persedian bahan baku menggunakan metode safety stock. Tujuan dibangunnya sistem rantai pasok ini yaitu untuk membantu Bagian Produksi dalam menentukan jumlah pembelian bahan baku produksi kepada supplier dan membantu Bagian Marketing dalam menentukan jadwal waktu angkut pupuk untuk didistribusikan. Berdasarkan hasil pengujian black box dan beta yang telah dilakukan pada tahap implementasi dan pengujian, dapat disimpulkan bahwa sistem rantai pasok ini dapat membantu Bagian Produksi dalam menentukan jumlah pembelian bahan baku produksi dan juga membantu Bagian Marketing dalam menentukan waktu angkut distribusi pupuk ke pelanggan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: make-to-order, supply chain management, single moving average, safety stock.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54420

Actions (login required)

View Item View Item