Implementasi Teknologi Intel Perceptual Computing Untuk Media pembelajaran Interaktif Pengenalan Organ Tubh Manusia Dan Hewan Menggunakan Handtracking (Studii Kasus SDN Griya Bumi Antapani 32)

Azis, (2017) Implementasi Teknologi Intel Perceptual Computing Untuk Media pembelajaran Interaktif Pengenalan Organ Tubh Manusia Dan Hewan Menggunakan Handtracking (Studii Kasus SDN Griya Bumi Antapani 32).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SDN Griya Bumi Antapani 32 Bandung adalah sekolah dasar negeri yang mempunyai visi yaitu membentuk peserta didik unggul dalam prestasi. Namun dalam proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru kelas 5 SDN Griya Bumi Antapani 32 yaitu dengan cara melakukan pendekatan secara klasikal dimana guru menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan penugasan. Dan adapun pendekatan belajar menggunakan media alat peraga organ tubuh manusia dan hewan masih sangat kurang. Berdasarkan hasil pengolahan data kuesioner yang dilakukan terhadap siswa kelas 5 SDN Griya Bumi Antapani 32 Bandung diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 86,37% dari 44 siswa-siswi mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran mengenal organ tubuh manusia dan hewan. Pembangunan aplikasi dimulai dengan melakukan analisis prosedur yang berjalan di SDN Griya Bumi Antapani 32 Bandung kemudian melakukan analisis mengenai materi pelajaran dengan penerapan teknologi intel perceptual computing, kemudian melakukan analisis terhadap kebutuhan fungsional dan non-fungsional. Kemudian dilakukan perancangan mulai dari perancangan aplikasi pembelajaran hingga antarmuka dan setelah proses perancangan selesai maka aplikasi yang dibangun dan diimplementasikan pada siswa dengan menerapkan konsep pembelajaran didalam kelas. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi tentang organ tubuh manusia dan hewan serta dapat menjadi media tambahan dalam menyampaikan materi pelajaran mengenal organ tubuh manusia dan hewan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teknologi intel perceptual computing, media pembelajaran, organ tubuh manusia dan hewan, handtracking, ilmu pengetahuan alam.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54431

Actions (login required)

View Item View Item