Peranan International Telecommunication Union (ITU) Dalam pembangunan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Indonesia

Muklis, Aldi (2017) Peranan International Telecommunication Union (ITU) Dalam pembangunan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

International Telecommunication Union (ITU) adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1865 dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi dan informatika. Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi anggota ITU sejak 1949. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis peranan International Telecommunication Union Dalam Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana ITU membantu Indonesia dalam menangani permasalahan dibidang TIK, serta melihat apa saja kendala yang dihadapi oleh ITU sebagai Organisasi Internasional dalam membantu Indonesia untuk pembangunan TIK. Serta dalam penelitian ini juga dibahas mengenai apa saja keuntungan yang didapatkan oleh Indonesia dengan menjadi anggota ITU. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan studi literatur serta penelusuran website. Hasil penelitian yang dilakukan di kantor kementerian komunikasi dan informatika Republik Indonesia ini menunjukan bahwa dalam aksinya, International Telecommunication Union (ITU) melakukan Berbagai langkah dalam usahanya untuk mengatasi permasalahan pembangunan TIK di Indonesia, antara lain bekerja sama dengan kemkominfo, mendirikan kantor cabang di Jakarta, yang dimana hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi Indonesia karena dengan adanya kantor cabang di Indonesia dan staff yang berasal dari Indonesia mempermudah Indonesia untuk mendapatkan asistensi dari ITU.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: International Telecommunication Union, pembangunan TIK, Peranan Organisasi Internasional
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54456

Actions (login required)

View Item View Item