Peranana World Trade Organization (WTO) Melalui Agreement On Agriculture (AoS) Dalam Menjaga Stabilitas Harga Gula Indonesia Periode 2011-2015

Laras Sakti, Okky (2017) Peranana World Trade Organization (WTO) Melalui Agreement On Agriculture (AoS) Dalam Menjaga Stabilitas Harga Gula Indonesia Periode 2011-2015.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui lebih jauh Peranan World Trade Organization (WTO) melalui Agreement on Agriculture (AoA) dalam Menjaga Stabilitas Harga Gula Indonesia Periode 2011-2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Indonesia sebagai negara anggota World Trade Organization (WTO) yang secara tidak langsung berkomitmen melalui kebijakan di bidang pertanian yaitu Agreement on Agriculture dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok, dalam hal ini gula menjadi salah satu komoditas pangan stategis setelah beras, dengan pembatasan masalah dariperiode 2011-2015. Keterlibatan World Trade Organization (WTO) dengan menjaga stabilitas harga gula Indonesia dilakukan dengan cara Skema State Trading Enterprises dengan dinotifikasikannya oleh Perum Bulog di WTO pada tahun 1995. Skema STEs didalam Agreement on Agriculture memberikan kewenangan kepada Perum Bulog untuk mengatur jumlah, tariff serta standar impor gula(raw sugar) yang akan masuk ke Indonesia. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana World Trade Organization (WTO) melalui Agreement on Agriculture berjalan melalui perundingan-perundingannya sampai perundingan terakhir di Davos, Agrentina 2017. Metode dalam penelitian menggunakan metode Kualitatif. Sebagian besar data dikumpulkan dari hasil wawancara dan literatur serta didukung oleh Studi Pustaka dan Penelusuran online. Penelitian dilakukan di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia seta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah peranan World Trade Organization melalui Agreement on Agriculture dalam menjaga stabilitas harga gula Indonesia adalah keterkaitan WTO dengan menjaga stabilitas harga gula ditunjukan pada Skema State Trading Enterprises yang di dalamnya skema tersebut terdapat Special Previleges, Indonesia diberikan keleluasaan untuk penentuan HPP dan HET, cadangan gula pemerintah, impor gula dan operasi pasar dalam rangka meliberalisasi perdagangan di bidang pertanian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: WTO, AoA, Stabilitas Harga, Gula, Impor Gula
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54460

Actions (login required)

View Item View Item