Kerjasama Pertanahan Indonesia-Jerman Dalam Pengadaan Tank Leopard Dan Transfer Of Technology (ToT) Untuk Modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) (2012-2017)

Putri Andiani, Mega (2017) Kerjasama Pertanahan Indonesia-Jerman Dalam Pengadaan Tank Leopard Dan Transfer Of Technology (ToT) Untuk Modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI) (2012-2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kerjasama pertahanan antara Indonesia dengan Jerman dalam pengadaan Tank Leopard dan Transfer of Technology (ToT) untuk modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia (TNI), peneliti juga bermaksud ingin mengetahui bagaimana proses kerjasama antara Indonesia dan Jerman dalam pengadaan Tank Leopard dan Transfer of Technology, serta ingin mengetahui kendala dan hasil modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI dari terjalinnya kerjasama pertahanan dalam pengadaan Tank Leopard dan Transfer of Technology tersebut. Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif. Sebagian besar data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan, penelusuran data online, dokumentasi dan wawancara. Penelitian dilakukan di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Pusat Kesenjataan Kavaleri, dan PT. Pindad Persero. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses kerjasama pertahanan antara Indonesia dengan Jerman, harus melewati beberapa kajian dan tahapan terlebih dahulu. Penelitian ini juga menjelaskan kendala dan hasil dari kerjasama pertahanan Indonesia untuk modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI. Adapun kendala tersebut yaitu kendala anggaran, kendala politis, dan kendala HAM. Kendala dalam pengadaan Transfer of Technology yaitu kelemahan Industri dalam negeri, kesediaan industri dalam negeri, kurangnya pengetahuan dan teknologi pertahanan. Hasil lain menunjukan bahwa Kerjasama Pertahanan Indonesia-Jerman dalam pengadaan Tank Leopard dan Transfer of Technology dimulai penandatanganannya pada tahun 2012 silam telah terealisasikan dengan baik. Selain itu adanya beberapa kendala sudah dapat diatasi dengan baik. Sehingga kerjasama pertahanan Indonesia dengan Jerman berjalan lancar sampai saat ini. Dan hasil dari kerjasama pertahanan ini memberikan modernisasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) untuk memperkuat postur pertahanan TNI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Indonesia-Jerman, Tank Leopard, Transfer of Technology, Modernisasi, Alutsista
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54462

Actions (login required)

View Item View Item