Kerjasama Indonesia-Jerman Di Bidang Kehutanan Dan Perubahan Iklim Melalui Forest And Climate Change programme (Forrclime) 2010-2016

Fikrul Islamy, Fajrin (2017) Kerjasama Indonesia-Jerman Di Bidang Kehutanan Dan Perubahan Iklim Melalui Forest And Climate Change programme (Forrclime) 2010-2016.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kerjasama Indonesia-Jerman di bidang kehutanan dan perubahan iklim melalui Forest and Climate Change Programme (FORCLIME) 2010-2016. Tujuan menyeluruh program ini adalah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor kehutanan seraya meningkatkan mata pencaharian masyarakat desa miskin di Indonesia. Dalam rangka mencapai sasaran ini kedua negara sepakat melakukan kerjasama teknis dan kerjasama keuangan. Program ini dilaksanakan di tiga daerah percontohan yakni Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Berau. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, bertujuan untuk menggambarkan fakta-fakta yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisa apa saja alasan kedua negara dalam melakukan kerjasama ini, apa saja program-program yang dilaksanakan, apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana tingkat keberhasilan kerjasama tersebut. Sejauh ini FORCLIME telah berkontribusi dalam membantu pemerintah Indonesia dalam merancang dan mengimplementasikan reformasi hukum, kebijakan dan kelembagaan untuk pelestarian dan pengelolaan hutan yang lestari. Selain itu FORCLIME mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta aktif dalam mengelola hutan dan menciptakan pembangunan ekonomi yang pro-lingkungan dan pro-rakyat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Jerman, FORCLIME, kerjasama teknis, kerjasama keuangan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54467

Actions (login required)

View Item View Item