Perancangan Proses Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi dengan Metode Business Process Engineering untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman

Hendro, Hendrastuti and Imdam, Irma Agustiningsih and Novieta, Selly (2017) Perancangan Proses Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi dengan Metode Business Process Engineering untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman. In: prosiding saintiks 2017, 2017, Unikom Bandung.

[img]
Preview
Text
vi-6-hendrastuti-hendro-perancangan-proses-bisnis-menggunakan-teknologi-informasi.pdf

Download (838kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Perancangan proses bisnis menggunakan teknologi informasi dalam industry sangatlah penting, apalagi pada industri jasa pengiriman, kepuasan pelanggan harus diutamakan. Permasalahan yang dihadapi adalah pelayanan yang tidak tepat waktu, dan adanya kesalahan dalam penginputan data yang berulang di divisi yang berbeda. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada industri jasa pengiriman dengan memanfaatkan teknologi informasi agar pelayanan yang diberikan dapat cepat, tepat dan akurat dan dokumen yang dihasilkan sesuai dengan permintaan. Pada penelitian ini digunakan metode Business Process Re-engineering (BPR). Langkah awal adalah membuat rich picture dan memetakan kondisi perusahaan saat ini, mengevaluasi kelebihan dan kelemahan sistem yang ada, melakukan pengukuran waktu pelayanan, mengelompokkan aktivitas yang bernilai tambah dan yang tidak bernilai tambah, sehingga akan diperoleh throughput efficiency kondisi saat ini. Langkah berikutnya adalah membuat proses bisnis usulan dengan memanfaatkan teknologi informasi, dimulai dengan membuat use case diagram dan diagram arus data serta pemilihan teknologi yang cocok untuk mengintegrasikan antar bagian yang terkait. Dengan adanya integrasi tersebut, input data dilakukan cukup satu kali, menampilkan historical pengiriman barang yang dapat dibaca oleh bagian lain, serta dapat melakukan pencetakan dokumen sesuai dengan permintaan pelanggan. Dengan melakukan perbaikan proses bisnis, tujuan penelitian ini dapat tercapai dan throughput efficiency perusahaan menjadi meningkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Prosiding
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 29 Nov 2017 05:43
Last Modified: 29 Nov 2017 05:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54582

Actions (login required)

View Item View Item