Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi

Hadiana, Asep Id and Witanti, Wina (2017) Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi. In: prosiding saintiks 2017, 2017, Unikom Bandung.

[img]
Preview
Text
vi-5-asep-id-hadiana-analisis-jejaring-sosial-menggunakan-social-network-analysis.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah strategi pada sebuah organisasi yang berusaha meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan. Banyak organisasi telah menyadari bahwa CRM telah banyak terbantu dengan adanya media sosial. Social CRM merupakan perluasan CRM yang mengintegrasikan media sosial dengan CRM. Media sosial sebagai salah satu produk dari Teknologi Informasi (TI) memiliki peranan penting bagi individu ataupun organisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Media sosial sebagai sebuah produk dari teknologi Informasi perusahaan sebagai salah satu faktor dalam mencapai tujuan organisasi. Pola interaksi antar aktor yang terjadi dalam media sosial menarik untuk dicermati. Social Network Analysis (SNA) merupakan gambaran hubungan interaksi antara aktor dengan aktor lainnya dalam sebuah interaksi sosial. Perkembangan Internet dan media sosial ternyata banyak membantu para pengusaha baru, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM). Penelitian ini akan menganalisis data tweet pada Twitter dengan menggunakan SNA sehingga dapat membantu penerapan CRM pada UMKM di Cimahi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Lecture)
Subjects: Prosiding
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 29 Nov 2017 05:46
Last Modified: 29 Nov 2017 05:46
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54583

Actions (login required)

View Item View Item