Pengukuran Investasi Teknologi Informasi Pada Domain Value Governance (VG) Val IT Framework 2.0 di Universitas XYZ

Puspita Dhaniawaty Imelda Pangaribuan Rangga Sidik, Rani (2017) Pengukuran Investasi Teknologi Informasi Pada Domain Value Governance (VG) Val IT Framework 2.0 di Universitas XYZ. Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
ii-2-rani-puspita-dhaniawaty-pengukuran-investasi-teknologi-informasi-pada-domain-value-governance.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Pimpinan universitas seringkali tidak menyadari pentingnya teknologi informasi dalam mendukung keberlangsungan operasional pada perguruan tinggi. Pimpinan juga seringkali mempunyai persepsi bahwa investasi teknologi informasi berbiaya tinggi namun keuntungan yang didapatkan rendah dan pimpinan memiliki keraguan terhadap kinerja teknologi informasi. Val IT Framework 2.0 secara umum membantu meningkatkan nilai investasi teknologi informasi pada organisasi. Framework ini pun menyediakan panduan, proses dan dukungan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan berkaitan dengan investasi teknologi informasi. Domain Val IT Framework 2.0 terdiri dari Value Governance (VG), Portolio Management (PM) dan Investment Management (IM). Value Governance (VG) bertujuan untuk mengoptimalkan nilai investasi teknologi informasi, menetapkan tata kelola sesuai dengan kebutuhan organisasi, mengawasi dan mengendalikan kerangka kerja, menyediakan strategi investasi teknologi informasi dan mendefenisikan karakteristik portofolio investasi teknologi informasi. Hasil dari domain Value Governance (VG) yaitu pimpinan universitas tidak mengalami keraguan dalam melakukan investasi teknologi informasi, pemimpin memiliki komitmen bahwa investasi teknologi informasi akan menghasilkan keuntungan bagi universitas, kebutuhan akan tata kelola investasi teknologi informasi terpenuhi, universitas mengetahui tingkat kematangan (maturity level) berada di level mana dan mengetahui bagaimana cara mencapai target sesuai yang diinginkan oleh universitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: investasi teknologi informasi, val it framework 2.0, value governance (vg), maturity level.
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:42
Last Modified: 08 Dec 2017 01:42
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54637

Actions (login required)

View Item View Item