Pemanfaatan Teknologi LBS dan Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pembangunan Aplikasi Denah Petunjuk Ruangan (Studi Kasus : Unikom Bandung)

Lorena Br Ginting Yandi Ahmad Ganda Saputra, Selvia (2017) Pemanfaatan Teknologi LBS dan Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Pembangunan Aplikasi Denah Petunjuk Ruangan (Studi Kasus : Unikom Bandung). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
iii-1-selvia-lorena-br-ginting-pemanfaatan-teknologi-lbs-dan-penerapan-teknologi-augmented-reality.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Teknologi telah memperbaharui berbagai cara beraktifitas manusia. Misalkan saja untuk kategori pencarian tempat tujuan. Dalam hal ini, pemanfaatan teknologi LBS dan Augmented Reality menjadi daya tarik inovasi. LBS (Location Based Service) adalah layanan berbasis lokasi yang dapat diakses melalui mobile device dengan menggunakan mobile network yang dilengkapi kemampuan untuk memanfaatkan lokasi dari mobile device tersebut. Melihat pada tren visual teknologi saat ini, Augmented Reality (AR) menjadi semakin menarik untuk dipadukan dalam satu ruang dengan LBS. Augmented Reality ini merupakan sistem yang memungkinkan penggabungan antara objek nyata dan objek virtual. Dampaknya objek virtual seakan hidup berdampingan dengan objek nyata, Kedua teknologi ini dapat dirancang menjadi suatu aplikasi untuk membantu para pengunjung (User) dalam mencari ruangan di kampus Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Dengan catatan menarik dari segi visual dan akurat dari segi pencarian ruangan. Aplikasi ini dirancang berbasis android. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu seperti Lantai Gedung, List Ruangan, Panduan dan Informasi. Dalam Menu Lantai Gedung ditampilkan indeks setiap lantai dengan nama dan nomor ruangannya. Dalam fitur ini, pengunjung (user) dapat memilih sekaligus melihat seluruh ruangan di setiap lantai. Kemudian untuk informasi di dalamnya terdapat menu panduan penggunaan aplikasi, informasi fakultas berikut profil pengembang aplikasi ini. Aplikasi ini diharapkan mampu membantu mempermudah user (pengunjung) dalam mencari ruangan di kampus Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara efisien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: location based service (lbs), augmented reality(ar), unikom, lokasi, user
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:43
Last Modified: 08 Dec 2017 01:43
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54645

Actions (login required)

View Item View Item