Silika Berpori dari Kaolin Alam Lampung dan Kajian Aplikasinya terhadap Adsorpsi Rhodamin B

Hermida Indah Lestari Joni Agustian, Lilis (2017) Silika Berpori dari Kaolin Alam Lampung dan Kajian Aplikasinya terhadap Adsorpsi Rhodamin B. Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
iv-4-lilis-hermida-silika-berpori-dari-kaolin-alam-lampung-dan-kajian-aplikasinya-terhadap-adsorpsi-rhodamin-b.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Kaolin merupakan salah satu hasil tambang Provinsi Lampung yang jumlahnya cukup melimpah namum pemanfaatannya belum maksimal. Pada umumnya, material berpori dapat digunakan sebagai adsorben. Pada kajian ini, kaolin alam lampung digunakan sebagai bahan utama untuk mensisntesis silika berpori. Pada proses sintesis, kaolin di aktivasi pada suhu 850oC kemudian di etching pada suhu 80oC menggunakan asam klorida (HCl) selama 5 jam, 7 jam, 8 jam, dan 9 jam untuk mendapatkan beberapa jenis silika berpori. Silika berpori yang dihasilkan di karakterisasi dengan adsorpsi-desorpsi Nitrogen, FTIR, dan SEM-EDX, kemudian silika berpori yang dihasilkan diguakan untuk uji adsorpsi rhodamin B. Silika berpori dengan waktu etching 7 jam mencapai persentase removal rhodamin B tertinggi (17,85%). Adsorpsi rhodamin B mengikuti adsorpsi monolayer pada termukaan yang homogen dengan kapasitas adsorpsi maksimum 1,58 mg/g.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kaolin, silika berpori, adsorpsi, rhodamin b
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:44
Last Modified: 08 Dec 2017 01:44
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54658

Actions (login required)

View Item View Item