Sistem Monitoring Cuaca dan Deteksi Banjir pada Android Berbasis Internet of Things (IoT)

Rahajoeningoem Ivan Heru Saputra, Tri (2017) Sistem Monitoring Cuaca dan Deteksi Banjir pada Android Berbasis Internet of Things (IoT). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
iv-5-tri-rahajoeningoem-sistem-monitoring-cuaca-dan-deteksi-banjir-pada-android-berbasis-internet-of-things.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Keadaan cuaca yang terkadang berubah secara cepat dan ekstrim, akan menyebabkan masyarakat kurang tanggap terhadap dampak yang diakibatkannya. Perubahan cuaca yang ekstrim juga berpengaruh terhadap berbagai bidang seperti pertanian, penerbangan, peternakan dan lain sebagainya. Selain cuaca, bencana banjir juga merupakan suatu gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat sehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia, baik dari sisi ekonomi, tatanan masyarakat maupun lingkungan. Untuk itu maka diperlukan suatu sistem yang dapat mengetahui keadaan cuaca dan dapat mendeteksi banjir secara dini dengan monitoring ketinggian level air. Dalam penelitian ini akan dibuat suatu sistem monitoring keadaan cuaca dan ketinggian level air yang dapat memberikan peringatan bila terjadi perubahan cuaca yang ekstrim maupun banjir di wilayah hulu sehingga nantinya masyarakat di wilayah hilir dapat mempersiapkan diri untuk menghindarinya. Sistem ini menggunakan konsep internet of things untuk proses pengiriman datanya dan dapat dimonitor melalui smartphone Android, sehingga informasi dapat lebih cepat diterima secara realtime. Adapun parameter cuaca yang dapat dimonitor antara lain curah hujan, suhu, kelembaban udara, tekanan udara, arah angin hingga kecepatan angin. Sedangkan untuk level ketinggian air akan ditampilkan notifikasi sesuai dengan keadaan ketinggian level air, yang dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu level normal, level siaga, level waspada dan level awas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: monitoring cuaca, internet of things, water level, andorid
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:44
Last Modified: 08 Dec 2017 01:44
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54659

Actions (login required)

View Item View Item