Pengembangan Rekam Medis Elektronik Berbasis Near Field Communication (NFC)

Cholis Basjaruddin Kuspriyanto Edi Rakhman Mikhael Bagus Rena, Noor (2017) Pengembangan Rekam Medis Elektronik Berbasis Near Field Communication (NFC). Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
v-8-noor-cholis-basjaruddin-pengembangan-rekam-medis-elektronik-berbasis-near-field-communication.pdf - Published Version

Download (838kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Teknologi Near Field Communication (NFC) memungkinkan ponsel dapat menyimpan data penting dengan aman dan terpercaya. Data tersebut dapat dikirim ke ponsel lain yang dilengkapi dengan NFC atau dibaca oleh NFC reader. Melalui aplikasi khusus data tersebut juga dapat ditambah, dikurangi, atau dimodifikasi. Kemampuan NFC ini memungkinkan ponsel dapat dikembangkan menjadi perangkat yang dapat menyimpan data penting semisal e-money atau rekam medis elektronik (RME). Pada penelitian ini telah dikembangkan sistem rekam medis berbasis Near Field Communication (NFC). Rekam medis elektronik berbasis NFC ini diharapkan dapat mengganti rekam medis konvensional. Keunggulan RME berbasis NFC adalah dibutuhkannya waktu yang lebih singkat dalam penggunaan, tidak tergantung pada akses internet, dan kemudahan dalam penyampaian RME ke pihak yang membutuhkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: rekam medis, rekam medis elektronik, nfc, protokol nfc, enkripsi
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:45
Last Modified: 08 Dec 2017 01:45
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54668

Actions (login required)

View Item View Item