Kelayakan Pasar dan Pemasaran pada Penjualan Produk Sprei dan Bedcover di Wilayah Batununggal

Andriana Indra Wirahadikusuma, Iyan (2017) Kelayakan Pasar dan Pemasaran pada Penjualan Produk Sprei dan Bedcover di Wilayah Batununggal. Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM, 2.

[img]
Preview
Text
i-4-iyan-andriana-kelayakan-pasar-dan-pemasaran-pada-penjualan-produk-sprei-dan-bedcover-di-wilayah-batununggal.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
Official URL: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal...

Abstract

Dalam persaingan yang sangat ketat di era globalisasi yang semakin maju ini, perusahaan harus dapat memaksimalkan segala peluang yang ada. Peluang ini termasuk juga dalam hal pengembangan usaha. Dalam hal pengembangan pasar sebaiknya dilakukan studi kelayakan agar dapat meminimalisir ketidakpastian lingkungan yang dapat berubah setiap saat. Hal ini juga terjadi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya bidang usaha penjualan sprei dan bedcover yang semestinya harus dilakukan sebuah riset pemasaran. Dalam riset pemasaran untuk pengembangan pasar dan pemasaran dilakukan riset terhadap segmentation, targeting, dan positioning (STP) serta product, price, promotion, dan placement (4P). Hasil dari penelitian yang telah dilakukan memberikan gambaran mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk produk sprei dan bedcover yang memiliki bahan berkualitas, corak sprei yang beragam dan juga penuh warna. Adapun untuk menentukan estimasi jumlah penjualan dilakukan proses peramalan dengan bantuan program aplikasi software winqsb, menggunakan metode yang tepat yaitu moving average with linear trend. Berdasarkan riset yang dilakukan menunjukan bahwa market share sebesar 62.24% dengan 66.3% populasi penduduk menginginkan kualitas kain yang bermutu. Hasil peramalan penjualan menunjukan perkiraan penjualan yang mengalami kenaikan setiap periode. Dengan demikian maka aspek pasar dan pemasaran dapat dikategorikan feasible.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan pasar, riset pemasaran, strategi pemasaran, peramalan.
Subjects: Jurnal Tercetak > Prosiding SAINTIKS FTIK UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:49
Last Modified: 08 Dec 2017 01:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54699

Actions (login required)

View Item View Item