HUBUNGAN PENETAPAN VARIASI HARGA KAMAR DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA KAMAR DI HOTEL SANTIKA BANDUNG

Breznev Pandia, Alex (2004) HUBUNGAN PENETAPAN VARIASI HARGA KAMAR DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGGUNAKAN JASA KAMAR DI HOTEL SANTIKA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan perekonomian dan bisnis mengakibatkan banyak orang yang melakukan perjalanan ke luar kota baik untuk tujuan bisnis maupun untuk berrekreasi, sehingga hal ini menimbulkan kebutuhan akan jasa hotel. Kebutuhan tersebut harus dipenuhi dan adanya kebutuhan ini menjadi suatu peluang yang baik dan dapat dimanfaatkan oleh perusahaan yang bergerak dalam usaha jasa perhotelan. Akan tetapi peluang tersebut tidak terlepas dari persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan lain yang menghasilkan jasa sejenis, sehingga Hotel Santika Bandung perlu memberikan pelayanan yang baik melalui bauran jasanya. Pelayanan melalui bauran jasa dilaksanakan dengan maksud untuk menimbulkan kepercayaan pada konsumen terhadap jasa yang dihasilkan. Dengan adanya kepercayaan terhadap perusahaan, diharapkan konsumen akan memiliki sikap yang positif terhadap objek sikap dalam hal ini adalah jasa hotel. Berdasarkan hal diatas, maka penulis melakukan penelitian pada perusahaan dengan judul “Hubungan Penetapan Variasi Harga Kamar dengan Keputusan Konsumen Untuk Menggunakan Jasa Kamar pada Hotel Santika Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode yang tujuan penyelidikannya adalah untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya sehubungan dengan bahan permasalahan mengenai variabel-variabel yang diteliti. Dan di dalam memperoleh data yang dibutuhkan, maka penulis menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel 59 orang. Tingkat variasi harga kamar pada Hotel Santika Bandung berdasarkan hasil kuesioner adalah sedang 46,4%. Dan tingkat keputusan konsumen pada Hotel Santika Bandung berdasarkan hasil kuesioner adalah sedang 51,4%. Dari pengujian statistik, diperoleh analisa regresi yaitu Y=30,13 + 0,75X yang berarti bahwa setiap X (variasi harga kamar) bertambah 1 (satu) maka Y (keputusan konsumen) akan bertambah 0,75. Selain itu hasil korelasi adalah r = 0,510, yang berarti bahwa antara variasi harga kamar dan keputusan konsumen memiliki keeratan yang sedang, dimana diperoleh koefisien determinasi = 26,01%, yang artinya bahwa keputusan konsumen dipengaruhi oleh variasi harga kamar sebesar 26,01%, dan sisanya sebesar 73,99% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak penulis teliti. Sedangkan nilai t hitung adalah 4,476 dan t tabel pada dk = 57 dan α = 0,05 adalah 2,005, maka t hitung > t tabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolah dan H1 diterima, yang berarti terdapat hubungan penetapan variasi harga kamar dengan keputusan konsumen untuk menggunakan jasa kamar.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item