PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) MESIN CUCI LUX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PT. LUXINDO RAYA BANDUNG

Muharam, Wahdian (2004) PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) MESIN CUCI LUX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI PT. LUXINDO RAYA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Loyalitas Konsumen, objek penelitian ini adalah konsumen Mesin Cuci Lux dan Umum ( Khusus untuk pengukuran Top of Mind merek mesin cuci ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Rank Spearman, sedangkan Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen mesin cuci merek Lux yang mencakup wilayah bandung barat. Populasi penelitian ini adalah berdasarkan jumlah konsumen mesin cuci Lux pada periode 2003 yang berjumlah 121, yang kemudian diambil sampel 55 orang untuk mewakili seluruh populasi. Untuk menganalisis hipotesis pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Loyalitas Konsumen, data penelitian meliputi data primer yang diambil melalui kuesioner berskala ordinal serta wawancara langsung dengan pihak konsumen dan perusahaan. Data sekunder diperoleh dari Pustaka atau Literatur. Data ordinal kemudian diuji menggunakan koefisien determinasi. Kemudian dilakukan uji statistik t, dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, dimana untuk memudahkan dalam proses perhitungan, penulis menggunakan software SPSS.10 for window. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa korelasi Rank Spearman tentang pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Loyalitas Konsumen adalah 0,369. Selain itu pula diperoleh nilai koefisien Determinasi (kd) 13,61%. Hal itu menunjukan bahwa variabel bebasnya (X) yaitu Ekuitas Merek (Brand Equity) memang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel (Y) yaitu Loyalitas Konsumen. namun untuk indicator Brand Awareness memiliki nilai yang sangat kecil, hal ini dikarenakan perusahaan yang tidak melakukan promosi serta kurangnya komunikasi, namun untuk indicator Perceived Quality dan Brand Association memiliki nilai yang sangat tinggi dimana sebagian besar konsumen sangat percaya akan kualitas pelayanan, mutu dan Image yang dimiliki oleh Lux. Dengan kata lain bahwa pengaruh ekuitas merek terhadap Loyalitas Konsumen (studi kasus pada konsumen mesin cuci merek Lux) dengan a=0,10 dk= n – 2 (55 – 2 = 53) maka diperoleh nilai thitung 2,896 > ttabel = 1,684.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5597

Actions (login required)

View Item View Item