PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. BANINUSA INDONESIA BANDUNG

A P S, Agustinus (2005) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. BANINUSA INDONESIA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang memproduksi piston ring dan camshaft untuk kendaraan roda empat maupun roda dua, PT. Baninusa Indonesia Bandung memiliki peluang yang sangat besar untuk menguasai pangsa pasar di bidang industri onderdil kendaraan roda empat maupun roda dua. Namun demikian apabila kesempatan ini tidak dipergunakan sebaik-baiknya, tidak menutup kemungkinan akan mengalami kehancuran di masa mendatang. Untuk itu peningkatan kualitas pelayanan tidak kalah pentngnya, dengan tujuan bukan hanya untuk memperoleh keuntungan namun juga untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan : pertama untuk mengetahui pelaksanaan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh PT. Baninusa Indonesia Bandung; kedua untuk mengetahui timgkat loyalitas pelanggan , dan ketiga untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Baninusa Indonesia Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan simple random sampling, data hasil jawaban responden dengan skala ordinal dirubah ke skala interval dengan menggunakan Metode Successive Interval (MSI) untuk mendapatkan jawaban responden secara akurat dan mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Untuk menghitung data skala interval tersebut menggunakan koefisien korelasi pearson. Dengan menggunakan Study Program for Social Science (SPSS). Untuk menghitung dan mencari pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan menggunakan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian terungkap bahwa kualitas pelayanan pada PT.Baninusa Indonesia Bandung sudah baik, menurut pelanggan, dan loyalitas pelanggan Pada PT.Baninusa Indonesia Bandung cukup tinggi dikarenakan pada saat ini hanya PT.Baninusa Indonesia Bandung yang memproduksi komponen kendaraan bermotor berjenis piston ring dan camshaft. Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang erat dengan loyalitas pelanggan, hubungan tersebut bernilai 0,730 sedangkan pengaruh kualitas pelayanan pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT.baninusa Indonesia Bandung sebesar 53,29%, sedangkan sebesar 46,71% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:41
Last Modified: 16 Nov 2016 07:41
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5601

Actions (login required)

View Item View Item