ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2)

Dzulhaida, Ratna and Rifaldi Windya Giri, Refi (2018) ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MODIFIKASI UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE TECHNOLOGY 2 (UTAUT 2). Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.15. ISSN 1411-9374

[img] Text
2.miu-15-no-2-ratna.pdf - Published Version

Download (797kB)
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/analisis-minat-m...

Abstract

Saat ini di beberapa negara telah mulai dikembangkan produk pembayaran elektronis yang dikenal sebagai Electronic Money (e-money) begitu pun dengan Negara Indonesia. Namun, masyarakat di Indonesia masih banyak yang mem-ilih melakukan pembayaran secara tunai atau transfer lewat ATM sehingga penggunaan e-money masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan layanan e-money di Indonesia. Model penelitian yang digunakan adalah model modifikasi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden penelitian ini yaitu sebanyak 277 responden yang tersebar di lima kota di Indonesia yaitu kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Me-dan dan Makassar. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan Struc-tural Equation Modeling (SEM) dengan software WarpPLS versi 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepercayaan yang dirasakan (Perceived Trust) merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat masyara-kat untuk menggunakan layanan e-money.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-money, modifikasi utaut 2, minat masyarakat, warppls
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:19
Last Modified: 25 Oct 2018 03:19
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/56830

Actions (login required)

View Item View Item