APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Lorena Br Ginting, Selvia and Sofyan, Fauzi (2018) APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.15. ISSN 1411-9374

[img] Text
1.miu-15-no-2-selvia.pdf - Published Version

Download (981kB)
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/aplikasi-pengena...

Abstract

Augmented reality sebagai metode pengenalan alat musik tradisional indonesia adalah salah satu cara memperkenalkan alat musik tradisional bagi pemula yang ingin mengenal ataupun mengetahui bagaimanakah bentuk dan nada suara dari alat musik tradisional tersebut. Aplikasi untuk pengenalan alat musik tradisional ini mungkin nantinya diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap alat musik tradisional yang berasal dari indonesia ini. Sep-erti yang kita ketahui bersama sangat jarang dijumpainya alat musik tradisional indonesia yang dimainkan di tempat tempat umum, padahal kombinasi alat musik tradisional seperti angklung dan gamelan ataupun alat musik tradisional lainnya sangatlah enak untuk didengarkan dan dapat menarik perhatian setiap orang baik warga lokal maupun interlokal selain untuk melestarikan bisa juga untuk mengundang ketertarikan turis mancanegara sehingga dapat menguntungkan negara. Aplikasi ini juga dapat mempermudah setiap orang baik muda dewasa ataupun yang sudah tua untuk memainkanya dimanapun berada tanpa harus pergi ketempat asal alat musik tradisional itu berada. Aplikasi augmented reality yang dibangun nantinya akan diaplikasikan dan dijalankan pada platform mobile android, dimana pada cara kerjanya aplikasi ini akan menggunakan kamera smartphone android sebagai inputan untuk melacak dan membaca marker (penanda) yang telah dibuat pada media seperti buku atau majalah dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker terbaca atau terlacak nantinya alat musik tradisional dalam bentuk 3D akan tampil dan virtual button pun akan muncul sehingga pengguna dapat mengenal alat musik tradisional ini berdasarkan bentuk 3Dnya dan dapat memainkan nadanya berdasarkan objek virtual button yang disentuh. Pengguna nantinya bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan mengunduhnya secara online, untuk media marker (penanda) seperti buku atau majalah dapat di unduh juga secara online dan gratis selain itu dapat juga dicetak atau di print sendiri oleh pengguna.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: augmented reality, alat musik tradisional, marker, objek 3d
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:19
Last Modified: 25 Oct 2018 03:19
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/56831

Actions (login required)

View Item View Item