PERANAN PELAJAR DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Aditiany, Savitri (2018) PERANAN PELAJAR DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN. Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.16. ISSN 1411-9374

[img] Text
5.miu-16-no-1-savitri.pdf - Published Version

Download (507kB)
Official URL: http://jurnal.unikom.ac.id/jurnal/peranan-pelajar-...

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi yang berkembang sangat cepat serta untuk membangun integritas ekonomi yang kuat antar anggota ASEAN maka dibentuk ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Keberadaan MEA ini tentu saja menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dimana Indonesia dengan jumlah penduduk yang banyak menjadi salah satu potensi pelaksanaan MEA 2015. Tentu saja potensi tersebut harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Dalam upaya untuk mening-katkan kualitas SDM tentu saja tidak dapat dilepaskan dari yang namanya pendidikan karena penidikan merupakan unsur penting yang harus mendapat prioritas utama. Pendidikan diharap-kan mempunyai outcome berupa life skill, yang menjadi bagian konsep dasar pendidikan na-sional untuk menciptakan generasi muda yang handal, memiliki daya kreativitas yang tinggi serta mampu bersaing dengan negara lain. Penelitian ini mengkaji bagaimana upaya dan kebijakan pemerintah yang diterapkan dalam menghadapi MEA khususnya dalam bidang pendidikan serta upaya pelajar dalam menghadapi MEA. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analisis dan metode kepustakaan yaitu berdasarkan referensi buku-buku, jurnal ataupun karya ilmiah yang berhub-ungan dengan MEA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: masyarakat ekonomi asean, pasar bebas, pendidikan, dan pelajar
Subjects: Jurnal Tercetak > Majalah Ilmiah UNIKOM
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Direktorat > Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:20
Last Modified: 25 Oct 2018 03:20
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/56841

Actions (login required)

View Item View Item