Pengaruh Komunikasi Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat Di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung (studi tentang (BKBKEMAS) Program Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah)

Deny Rahmat Hidayat, Agus (2016) Pengaruh Komunikasi Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat Di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung (studi tentang (BKBKEMAS) Program Bina Keluarga Balita Kesiapan Masuk Sekolah). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kurangnya keikutsertaan masyarakat dalam program BKB Kemas diakibatkan jarangnya penyuluhan atau komunikasi dari pemerintah. Semua masalah ini berdampak pada program BKB Kemas yang tidak sesuai dengan harapan, berdasarkan latarbelakang tersebut peneliti mengambil judul Pengaruh Komunikasi Pemerintah Terhadap Partisipasi Masyarakat. Penelitian ini, untuk variabel x Komunikasi Pemerintah menggunakan teori dari seintz. Seintz mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam komunikasi yaitu kualitas komunikator, informasi yang disampaikan, media atau saluran yang digunakan, komunikan dan respon. Sedangkan untuk variabel y Partisipasi Masyarakat menggunakan teori dari Slamet Y yang mengungkapkan Partisipasi Masyarakat dipengaruhi oleh beberapa indikator yaitu jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, mata pencaharian/pekerjaan, usia, dan lamanya tinggal. Metode penelitian yang peneliti digunakan yakni metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik penyebaran angket, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan peneliti adalah teknik Simple Random Sampling yang ditujukan kepada semua ibu ibu yang mempunyai balita dan terlibat dalam BKB Kemas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh komunikasi pemerintah, yang dilakukan oleh PLKB dalam melakukan penyuluhan dilihat dari hasil data yang telah diolah, bahwa pengaruh komunikasi pemerintah terhadap partisipasi masyarakat dengan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 68,7519% berdasarkan data dan fakta komunikasi pemerintah masih dipengaruhi oleh faktor lain sebanyak 31,2481%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pemerintah, Partisipasi masyarakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2014
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item