Implementasi Gesture Recognition Dengan Metode Fingertip Tracking Pada Aplikasi Simulasi Controling Dance Touch Berbasis Desktop

Anugrah Papilaya, Ryvalldo (2018) Implementasi Gesture Recognition Dengan Metode Fingertip Tracking Pada Aplikasi Simulasi Controling Dance Touch Berbasis Desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian mengenai adanya interaksi manusia dan komputer saat ini masih menggunakan kontroler fisik berupa mouse, keyboard, dan joystick telah banyak digunakan pada saat memainkan game. Namun terdapat kekurangan saat menggunakan kontroller fisik saat memainkan game sejenis game ritme yaitu pengguna cepat merasakan bosan dan membuat pemain menjadi tidak aktif serta terkesan monoton. Dengan kekurangan yang telah disebutkan maka didapatkan bahwa interaksi dengan kontroller fisik yang digunakan untuk bermain game sejenis game dance touch hanya membuat pengguna menjadi cepat bosan dan tidak aktif serta terkesan monoton. Melalui proyek akhir ini memberikan suatu alternatif substitusi dimana untuk memainkan game dengan menggunakan sistem gesture recognition yang dapat dimanfaatkan. Dengan menggunakan metode fingertip tracking yang dapat mendeteksi jari tangan menggunakan metode haarcascade pada library OpenCV dan pelacakan pergerakan jari tangan dengan metode kalman filter. Pendeteksian dan pelacakan ditangkap menggunakan sebuah sensor kamera yaitu webcam. Untuk menunjukan hasil dari peneltian ini dilakukan pengujian dengan membuat suatu sistem yang dapat mengenal bentuk dan simbol jari tangan sebagai alat untuk memainkan game sedangkan menggerakan kursor di dalam game mengunakan sistem pelacak jari tangan. Hasil dari pengujian yang dilakukan dalam pembangunan sistem dapat bekerja dengan baik yaitu sistem dapat mendeteksi dan melacak pergerakan jari tangan pengguna sehingga game dapat dimainkan oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gesture, Recognition, Fingertrip, Tracking, Game Ritme, HaarCascade, Kalman Filter
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2018
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57384

Actions (login required)

View Item View Item