Perancangan Informasi Masyarakat Adat Suku Sasak Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Lombok Utara Melalui Media Film Dokumenter

Hermawan, Hadi (2017) Perancangan Informasi Masyarakat Adat Suku Sasak Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Lombok Utara Melalui Media Film Dokumenter. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Masyarakat adat Bayan merupakan masyarakat tradisional suku Sasak di Lombok Utara yang memiliki komunitas adat dimana mereka hidup dengan memegang teguh fondasi adat dan juga kebudayaannya. Sebagian besar suku Sasak beragama Islam, uniknya pada sebagian kecil masyarakat suku Sasak terdapat praktik kebudayaan yang sering disalah pahami sebagai praktik agama, yaitu Wetu Telu. Kebudayaan dan falsafah hidup Wetu Telu ini seringkali disalah pahami sebagai bagian lain daripada agama Islam, sehingga hal ini menciptakan konflik social bagi mereka yang masih menjalankan dan berupaya melestarikan kebudayaan ini. Tujuan dari perancangan informasi ini untuk memberikan pengetahuan seputar kebudayaan lokal yang ada di pulau Lombok, terutama tentang falsafah adat mereka Wetu Telu di desa adat Bayan Lombok Utara. Dengan mengetahui fakta - fakta tersebut nantinya diharapkan masyarakat tidak lagi terjebak akan stigma yang salah akan informasi tentang masyarakat adat Bayan .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Desa, Bayan, Wetu Telu.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57428

Actions (login required)

View Item View Item