Pengaruh Tingkat Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Tingkat Return On Asset (ROA)

Ahmad Dzulfikar, Fikri (2017) Pengaruh Tingkat Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO) Dan Net Interest Margin (NIM) Terhadap Tingkat Return On Asset (ROA). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional dan Net Interest Margin terhadap Return On Asset dan diteliti pada perusahaan sektor Perbankan Milik Pemerintah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Masalah yang terjadi pada perusahaan Sektor Perbankan Milik Pemerintah yaitu adanya penurunan Return On Asset meskipun tingkat Net Interest Margin mengalami peningkatan, dan juga terdapat penurunan Return On Asset tetapi diikuti dengan penurunan Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif dengan unit analisis yang diteliti adalah laporan keuangan perusahaan sektor Perbankan Milik Pemerintah yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Dan populasi pada penelitian ini sebanyak 30 laporan keuangan dari 6 perusahaan dengan pemilihan sampel menggunakan metode Sampling Jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dibantu oleh program aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan hubungan yang negatif, dan Net Interest Margin berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset dengan hubungan yang positif. Secara parsial baik Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional dan Net Interest Margin mempengaruhi Return On Asset secara dominan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional/ Pendapatan Operasional, Net Interest Margin, dan Return On Asset
Subjects: ?? UNIK1488 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57450

Actions (login required)

View Item View Item