Pengaruh Struktur Modal Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Adharian Wahyudin, Fanny (2017) Pengaruh Struktur Modal Dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya adalah memperoleh laba atau profitabilitas yang maksimal. Dimana profitabilitas ini menunjukan kemampuan perusahaan dalam mencari keuntungan dan memberikan tingkat efektivitas manajemen suatu perusahaan. Hal ini di tunjukan oleh laba yang dihasilkan dari penjualan dan pendapatan investasi.Dengan memanfaatkan modal untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan itu sehari-hari, baik untuk investasi maupun keperluan yang lainnya. Besar kecilnya modal yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan tergantung dari besar kecilnya biaya akan dikeluarkan oleh perusahaan itu sendiri. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi profitabilitas. Dalam penelitian ini digunakan 2 faktor yaitu struktur modal dan perputaran modal kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan perputaran modal kerja terhadat profitabilitas baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metodedeskriptif dan metodeverifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sumber data keuangan tahunan pada perusahaan sektor food and beverageyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 14 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 6 perusahaan sektor food and beverage. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan program aplikasi aplikasi Software SPSS 21for windowsebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukkan struktur modal, perputaran modal kerja dan profitabilitas mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil anilisis statistik membuktikan bahwa secara simultan struktur modal dan perputaran modal kerja berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitasdan perputaran modal kerjasecara parsial berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Perputaran Modal Kerja dan Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57471

Actions (login required)

View Item View Item