Pengaruh Modal Sendiri Dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Karyawan Industri PT Insansandang Internusa Periode 2008-2015

Nurjanah, Siti (2017) Pengaruh Modal Sendiri Dan Volume Usaha Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Karyawan Industri PT Insansandang Internusa Periode 2008-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Modal sendiri adalah modal yang berasal dari perusahaan itu sendiri (cadangan laba) atau berasal dari pengambil bagian, peserta atau pemilik. Volume usaha adalah total nilai penjualan atau penerimaan dari barang dan jasa pada suatu periode atau tahun buku yang bersangkutan. Sisa Hasil Usaha (SHU) adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurang dengan biaya, penyusutan dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan. Untuk meningkatkan sisa hasil usaha (SHU) koperasi dapat dipacu dari modal sendiri yang terus meningkat atau menurun, dan jumlah Volume Usaha yang semakin besar. Fenomena yang terjadi pada Koperasi Karyawan PT Insansandang Internusa adalah dalam beberapa periode tertentu terjadi penurunan Modal sendiri sedangkan Volume Usaha mengalami kenaikan begitupun pada Sisa Hasil Usaha yang mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal sendiri dan Volume Usaha terhadap sisa hasil usaha (SHU). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 tahun terakhir data laporan keuangan jadi data yang diambil sebanyak 32 data (pooled data). Alat analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sendiri dan Volume Usaha secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU). Modal sendiri dan Volume Usaha secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU). Sedangkan pengaruh yang paling dominan terhadap sisa hasil usaha (SHU) adalah Modal Sendiri dengan kontribusi sebesar 44,1%. Sedangkan secara simultan, modal sendiri dan Volume Usaha memberikan pengaruh terhadap sisa hasil usaha (SHU) sebesar 69,7%, sedangkan sisanya 30.3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Sendiri, Volume Usaha, dan Sisa Hasil Usaha (SHU).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57491

Actions (login required)

View Item View Item