Pengaruh Penyaluran Kredit Dan Tingkat Risiko Kredit Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015

Pratama, Sulistian (2017) Pengaruh Penyaluran Kredit Dan Tingkat Risiko Kredit Terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyaluran kredit adalah salah satu faktor yang mempengaruhi profitabilitas yang diperoleh bank karena sumber pendapatan terbesar bank berasal dari penyaluran kredit. Tetapi tingkat penyaluran kredit yang tinggi pasti dihadapkan dengan risiko-risiko serius yang berdampak pada turunnya laba usaha suatu bank. Risiko kredit mengakibatkan kerugian bagi perbankan yang disebabkan oleh gagal bayar atas angsuran ataupun bunganya. Penilaian untuk menentukan kondisi suatu bank menggunakan alat ukur adalah dengan melihat profitabilitas yang salah satunya yaitu Return On Asset (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Penyaluran Kredit, Tingkat Risiko Kredit, dan Return On Asset (ROA), hubungan Penyaluran Kredit dengan Tingkat Risiko Kredit, dan menentukan seberapa besar pengaruh Penyaluran Kredit dan Tingkat Risiko Kredit terhadap Return On Asset (ROA) baik secara parsial maupun secara simultan pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi Penyaluran Kredit, Tingkat Risiko Kredit, dan Return On Asset (ROA) selama lima periode yaitu 2011-2015 pada delapan bank. Model analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) dan Pengujian asumsi klasik meliputi uji multikolinearitas, uji autokorelasi, koefisien kolerasi, koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis yang dihitung dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial penyaluran kredit berpengaruh negative dan signifikan terhadap tingkat risiko kredit, penyaluran kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset (ROA), tingkat risiko kredit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return on asset (ROA), dan secara simultan penyaluran kredit dan tingkat risiko kredit berpengaruh positif dan signifikan terhadap return on asset (ROA).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penyaluran Kredit, Tingkat Risiko Kredit, Return on Asset (ROA).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57497

Actions (login required)

View Item View Item