Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Mengurangi Kegagalan Produk Handuk Di PT. WISKA Sumedang Dengan Menggunakan Metode SPC (Statistik Proses Cotrol)

Sukamto, Sugiarto (2013) Analisis Pengendalian Kualitas Dalam Mengurangi Kegagalan Produk Handuk Di PT. WISKA Sumedang Dengan Menggunakan Metode SPC (Statistik Proses Cotrol).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. WISKA adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang garmen yang memproduk handuk dimana kegiatan pemasarannya sudah ekspor. Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk menghasilkan produk yang berkualitas, sejak tahun 2008 perusahaan telah menerapkan manajemen kualitas dan sesuai dengan pedoman standar kualitas yang berlaku. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kegagalan produk dengan menetapkan standar toleransi kegagalan sebesar 5 % dari jumlah produksi. Akan tetapi, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa tingkat kegagalan berfluktuasi dan bahkan masih terdapat kegagalan yang melebihi standar toleransi yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kegagalan produk di perusahaan. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram alir (flowchart). Check sheet dan histogram digunakan untuk menyajikan data agar memudahkan dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta kendali p digunakan untuk memonitor produk yang rusak apakah masih berada dalam kendali statistik atau tidak. Kemudian dilakukan identifikasi terhadap jenis cacat dan menentukan prioritas perbaikan. Langkah selanjutnya adalah mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kerusakan produk untuk kemudian dapat disusun sebuah rekomendasi atau usulan perbaikan kualitas.Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan, serta banyak yang keluar dari batas kendali

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengendalian kualitas, alat bantu statistik proses kontrol (SPC), kegagalan produk
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

View Item View Item