Implementasi Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk (Studi Kasus Pada Sentra Industri Tas Leuwisari Bandung)

Eka Pratama, Aditya (2017) Implementasi Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk (Studi Kasus Pada Sentra Industri Tas Leuwisari Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap usaha bisnis yang dijalankan akan melakukan berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, tetapi tidak terlepas dari tujuan utama yaitu untuk mencari sebuah keuntungan dalam berbisnis. Dalam hal ini keunggulan bersaing pada sentra tas Leuwisari Bandung rendah dibandingkan dengan para pesaing lain, dapat dilihat dari pendapat pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan. Suatu produk akan memiliki keunggulan dalam bersaing dengan produk lain jika memiliki orientasi kewirausahaan yang baik disertai dengan inovasi produk yang yang berbeda dengan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keunggulan bersaing melalui orientasi kewirausahaan dan inovasi produk pada Sentra Tas Leuwisari Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha tas Leuwisari sebanyak 40 orang. Teknik analisis sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner, wawancara, dan observasi. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis uji-F simultan dan uji-t parsial.Hasil penelitian deskriptif menunjukkan orientasi kewirausahaan pengusaha tas berada pada cukup baik, inovasi produk yang diciptakan cukup baik, dan keunggulan bersaing cukup baik. Selanjutnya hasil penelitian verifikatif menunjukkan bahwa orientasi kewirausahan dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing baik secara simultan atau secara parsial. Diantara variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk yang paling berpengaruh terhadap keunggulan bersaing adalah variabel inovasi produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57503

Actions (login required)

View Item View Item