Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Rasio Likuiditas (LDR) Terhadap Pengembalian Aset (ROA) Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015

Paturohman, Heripal (2017) Pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) Rasio Likuiditas (LDR) Terhadap Pengembalian Aset (ROA) Pada Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) meupakan perbandingan antara biaya operasional dan pendapatan operasional yang digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi bank dalam 12 bulan terakhir atau periode yang sama. Rasio ini sering di sebut rasio efisiensi karena digunakan sebagai alat ukur kemampuan manajeman dalam melakukan kegiatan operasinya. Rasio Likuiditas (LDR) merupakan alat untuk mengukur seberapa besar kemampuan bank dalam memenuhi permintaan kredit yang diajukan tanpa terjadi penangguhan. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui pengaruh Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Rasio Likuiditas (LDR) terhadap pengembalian aset (ROA) secara parsial dan simultan pada sektor perbankan yang terdaftar di BEI pada Periode 2010-2015. Objek penelitian ini adalah Biaya Operasional Pendapatan Operasional, Rasio Likuiditas dan Pengembalian Aset. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah data keuangan tahun 2010-2015 pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia yaitu sebanyak 6 perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 6 perusahaan perbankan yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan keseluruhan data yaitu 36 data. Teknik pengujian statistik yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik, koefisien korelasi Pearson, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan program aplikasi SPSS 16.0 for window sebagai alat bantu analisis. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa biaya opersional pendapatan operasional, rasio likuiditas dan pengembalian aset mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Selanjutnya hasil statistik menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan biaya opersional pendapatan operasional dan rasio likuiditas berpengaruh terhadap pengembalian aset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasional Pendapatan Operasional , Rasio Likuiditas dan pengembalian aset
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57505

Actions (login required)

View Item View Item