Minat Berwirausaha Yang Didukung Oleh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Kepribadian Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia

Mirawati, Dewi (2017) Minat Berwirausaha Yang Didukung Oleh Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Kepribadian Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Minat berwirausaha mahasiswa di Universitas Komputer Indonesia cenderung rendah, terlihat dari pendapat para mahasiswa yang mayoritas memilih mencari pekerjaan setelah lulus dibandingkan membangun usaha sendiri, selain itu mayoritas mahasiswa juga belum memiliki modal yang cukup untuk memulai usahanya. Matakuliah kewirausahaan yang diberikan di universitas komputer indonesia juga belum memberikan kontribusi yang cukup didalam menarik minat berwirausaha yang didukung oleh kepribadian mahasiswa yang cenderung tidak ingin menanggung resiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya minat berwirausaha didukung oleh pemberian matakuliah kewirausahan dan kepribadian mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif dan verifikatif, Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Komputer Indonesia, tehnik analisis yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel sebesar 96 mahasiswa. Tehnik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner, wawancara dan observasi. Metode analisisnya menggunakan analisis regresi berganda dengan mlakukan uji T (parsial) dan uji F (simultan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat berwirausaha mahasiswa di universitas komputer indonesia belum optimal, mata kuliah kewirausahaan belum tepat guna, keepribadian mahasiswa untuk berwirausaha belum mencukupi. Uji hipotesis membuktikan bahwa minat berwirausaha didukung oleh pemberian mata kuliah kewirausahaan secara positif dan signifikan, demikian juga minat berwirausaha didukung oleh kepribadian mahasiswa secara positif dan signifikan, dari kedua variabel itu yang cenderung mempengaruhi minat berwirausaha adalah variabel mata kuliah kewirausahaan, hal ini karena mata kuliah kewirausahaan berperan penting untuk menumbuhkan minat berwirausaha. secara simultan bahwa minat berwirausaha dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh mata kuliah kewirausahaan dan kepribadian mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Mata Kuliah Kewirausahaan, kepribadian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57509

Actions (login required)

View Item View Item