Pengaruh Margin Laba Bersih (NPM) Dan Rasio Hutang (DER) Terhadap Kebijakan Diveden (DPR) Pada Perusahaan Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015

Causy Cw, Isca (2017) Pengaruh Margin Laba Bersih (NPM) Dan Rasio Hutang (DER) Terhadap Kebijakan Diveden (DPR) Pada Perusahaan Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pasar Modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang dapat dimasukkan kedalam transaksi jual-beli. Pasar Modal telah menjadi salah satu alternatif pilihan bagi perusahaan untuk mendapatkan dana investasi, sehingga perusahaan yang menjual sahamnya dipasar modal semakin meningkat. Kebijakan dividen menentukan berapa banyak laba bersih akan dibayarkan kepada investor sebagai dividen dan berapa banyak laba bersih dapat dipertahankan untuk perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend payout ratio (DPR). Pada Perusahaan Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftra di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011 - 2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 (enam) perusahaan Otomotif dan Komponen yang terdaftar di Bursa Efek indonesia, selama 5 (Lima) tahun yang dipilih melalui teknik nonprobability sampling, sehingga data yang diteliti sebanyak 30 data. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan program Eviews 8.0 for windows. Dalam Penelitian ini Rancangan analisis yang digunakan adalah Regresi Berganda, Analisis Koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan uji-F. Hasil Pengujian ini menyatakan bahwa secara parsial variabel Marjin Laba Bersih (NPM) berpengaruh Positif signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR) sedangkan Rasio Hutang (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR) dan secara simultan Variabel Marjin Laba Bersih (NPM) dan Rasio Hutang (DER) berpengaruh Signifikan terhadap Kebijakan Dividen (DPR) pada Perusahaan Sektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bagi investor yang hendak melakukan investasi, disarankan untuk mempertimbangkan informasi mengenai rasio keuangan karena informasi tersebut diperlukan untuk memprediksi besarnya dividen yang akan dibagikan pada investor.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Marjin Laba Bersih (NPM), Rasio Hutang (DER), Kebijakan Dividen (DPR)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57519

Actions (login required)

View Item View Item