Tindak Tutur Komunikasi Volunteer Dengan Penyandang Tunanetra (Studi Fenomenologi Tentang kegiatan Volunteer Bioskop Bisik Di Jakarta Selatan)

Frindiny Aprialdy, Welvie (2017) Tindak Tutur Komunikasi Volunteer Dengan Penyandang Tunanetra (Studi Fenomenologi Tentang kegiatan Volunteer Bioskop Bisik Di Jakarta Selatan). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tindak Tutur Komunikasi Volunteer Dengan Penyandang Tunanetra. Penelitian ini untuk menjawab tujuan penelitian maka fokus penelitian adalah mengenai tindak tutur volunteer yang dilihat dari tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah studi Fenomenologi. Proses pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Selain itu, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dokumentasi, dan pencarian data di internet. Teknik analisa data yang digunakan adalah model Creswell untuk membahas mengenai permasalahan penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa tindak tutur komunikasi dilihat dari tindak tutur lokusi yaitu dalam hal mengatakan melalui penggunaan bahasa indonesia yang ringan sehingga dengan mudah dipahami. Tindak tutur ilokusi yaitu dalam hal mengingatkan berupa nama peran atau tokoh dalam film, adegan silent moment dan suasana atau situasi film. Tindak tutur perlokusi yaitu memperingatkan atau melakukan komunikasi yang menimbulkan efek pada pendengarnya berupa nada suara dan intonasi suara untuk menjelaskan mengenai suasana film. sehingga memberikan efek dan respon.Kesimpulan tindak tutur komunikasi volunteer kepada penyandang tunanetra pada kegiatan bioskop bisik untuk membantu para tunanetra menikmati film sehingga dapat berimajinasi dan mengikuti alur dari cerita film yang di tonton.Saran bagi Volunteer Bioskop Bisik adakan komunitas relawan pembisik, dan sering ikut dengan melakukan kegiatan bersama tunanetra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur komunikasi, tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, tindak tutur perlokusi, volunteer/pembisik, penyandang tunanetra.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 31 Jan 2019 10:22
Last Modified: 31 Jan 2019 10:22
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/57574

Actions (login required)

View Item View Item